Polkam dan HAM

Setya Novanto Kembali Aktif di DPR

Kamis, 12 October 2017 20:32 WIB Penulis: Astri Novaria

ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

SETYA Novanto sudah terlihat aktif menjalankan tugasnya sebagai Ketua DPR. Di hari ketiganya di kantor, Kamis (12/10), Novanto langsung memulai rapat pimpinan bersama dengan Wakil Ketua DPR lainnya yakni Fadli Zon, Fahri Hamzah dan Taufik Kurniawan.

Suasana rapat itu pun diposting oleh Novanto melalui instagram pribadinya @s.novanto. Dalam postingannya, Novanto menyebut rapat pimpinan tersebut membahas berbagai surat-surat yang masuk, di antaranya permohonan courtesy call Duta Besar Kamboja, pergantian antar waktu anggota DPR, dan penjadwalan pembicaraan tingkat II RUU tentang Perlindungan Pekerja Indonesia di Luar Negeri.

Yang menarik adalah tagar #kerjakerjakerja dalam postingan tersebut, seakan Novanto ingin menunjukkan sudah kembali sehat dan siap kerja keras lagi pasca meringkuk di rumah sakit sebulan terakhir.

"Pak Novanto sudah hadir, sudah aktif. Jadi tadi membahas surat-surat masuk seperti biasa dan tentunya setelah itu ditindaklanjuti dengan rapat internal," ujar Wakil Ketua DPR RI, Taufik Kurniawan, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (12/10).

Taufik mengatakan, dalam rapat pimpinan yang dipimpin oleh Fadli Zon itu, Novanto hanya mendengarkan deretan surat-surat yang masuk ke DPR. Setelah selseai rapat pimpinan DPR yang berlangsung 30 menit, rapat dilanjutkan dengan rapat pengganti Badan Musyawarah (Bamus). Adapun yang disepakati dalam rapat itu antara lain berupa persetujuan agenda rapat paripurna.

"Beliau masih banyak mendengarkan surat masuk, kita semua mendengarkan dan membahas surat-surat masuk. Belum ada kebijakan apa-apa. Tadi dalam rapat pengganti bamus, paripurna 17 Oktober terkait beberapa agenda dan paripurna membahas APBN 2018 pada 25 Oktober," paparnya.

Senada dengan Taufik, Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengatakan, Rapim DPR itu lebih banyak membahas surat-surat dan agenda yang padat menjelang akhir masa sidang.

Terakhir, Novanto meninggalkan DPR pada pukul 15.40 WIB dengan pengawalan ketat Pamdal DPR dan ajudan pribadinya, menggunakan mobil Range Rover.

Sejak Selasa (10/10) kemarin, Novanto dikabarkan sudah kembali bekerja di ruangannya, di Gedung Nusantara III. Namun saat itu, Novanto tidak dapat ditemui awak media baik saat datang maupun pulang kerja. Kehadiran Novanto di DPR dibenarkan Kepala Bidang Kerja Sama Ormas dan Lembaga Kepartaian Partai Golkar Rambe Kamarul Zaman.

Novanto sempat izin tak masuk kerja selama dirawat di RS Premier, yakni sejak 18 September. Ia baru keluar pada Senin (2/10) malam. Selama perawatan sejumlah penyakit, seperti vertigo dan jantung itu, Novanto memenangkan persidangan praperadilan atas KPK. (X-12)

Komentar