Kuliner

Momen Kemerdekaan di Ritz

Ahad, 13 August 2017 05:31 WIB Penulis: Riz/M-4

MI/Adam Dwi

MEMPERINGATI HUT RI ke-72, Ritz Carlton Mega Kuningan menjadikannya tema kemerdekaan di kedua restorannya, Asia Restaurant dan Lobo Restaurant. Mengangkat konsep Indonesian Colonial Cuisine, beragam pilihan hidangan Nusantara siap dicicipi.

Salah satu hidangan yang bisa Anda cicipi selama 10 hari pada 9-19 Agustus 2017 itu ialah Nasi Krawu. Nasi yang dibungkus daun pisang dengan lauk irisan daging sapi, serundeng, semur daging sapi, dan samba terasi.

Ada pula Bebek Ingkung yang merupakan makanan khas Jawa Timur. Daging bebek yang dibumbui beragam rempah, santan, dan asem Jawa. Tekstur daging bebek yang lembut itu sangat pas dinikmati dengan lalapan seperti labu, kol, kacang panjang, dan timun yang disiram dengan sambal petis yang sedikit pedas.

Hidangan lain ialah bubur Ase khas Jakarta. Makanan Betawi ini sudah jarang ditemui. Sajian berupa bubur nasi yang dimasak dengan santan itu dilengkapi dengan lauk pauk seperti semur daging, tahu, sayur-sayuran, dan kerupuk beras. Bubur yang gurih berpadu dengan semur daging yang tidak terlalu manis terasa pas.

Coba juga camilan Seupan yang terdiri dari ubi, singkong, dan pisang yang dimasak dan ditaburi dengan kelapa parut, udang ebi, dan kincha bloncho. Anda bisa bersantap di Asia Restaurant cukup dengan harga Rp318 ribu++.

Sementara itu, konsep 'Merdeka Moments' yang berlangsung 14-19 Agustus 2017 diusung Lobo Restaurant. Menu Indonesia yang disiapkan terbilang unik dan berbeda dari biasanya. Misalnya gado-gado yang terdiri dari lapisan sayuran seperti wortel, labu, kacang panjang, dan toge. Sayuran itu ditemani telur yang dimasak dengan metode hinsen hingga setengah matang. Penyajiannya sendiri dilengkapi dengan serundeng dan disiram dengan saus kacang.

Ada pula rendang yang disajikan dengan ditutupi buah kelapa dan ditaburi bubuk cabai sehingga gradasi warnanya seolah membentuk bendera mereh putih. Daging rendang yang lembut dengan bumbu yang meresap hingga ke dalam. Semua berkat teknik pemasakan sous vide, tak lupa ada rebusan daun singkong yang turut menambah cita rasa rendang tersebut.

Untuk penutupnya ada es cendol yang disajikan dalam batok kelapa dan ada daun emas di atasnya. Menariknya di atasnya terdapat foam yang terbuat dari santan dan gula merah. Dalamnya tidak hanya cendol, tapi juga potongan buah nangka dan santan. Rasanya gurih dan tidak terlalu manis. Untuk menikmatinya Anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp490 ribu ++ dan ada lima set menu berbeda yang ditawarkan.

Komentar