Pesona

Setangguh Gunung Es

Ahad, 13 August 2017 05:16 WIB Penulis: Bintang Krisanti

MI/Panca Syurkani

Monica Ivena menampilkan ketangguhan perempuan lewat busana-busana bertabur payet dan berwarna keperakan yang mencerminkan gunung es.

KESAN seksi dari atasan crop itu berpadu dengan kesan elegan dari siluet cape pendek yang menutupi hingga setengah tangga. Ditambah struktur kaku dari cape tersebut serta padanan celana palazzo berpinggang tinggi, kesan tangguh pun terpancar dari set busana itu. Di sisi lain, tampilan totalnya tetap cantik karena sematan payet dan mutiara.

Kesan cantik yang tangguh dan dingin itulah yang mendominasi peragaan busana jenama Monica Ivena Couture. Bertajuk Eisberg, koleksi yang diperagakan di acara Grand Hyatt Wedding Fair 2017 di Jakarta, Minggu (6/8), ini memang berangkat dari dua sisi keindahan gunung es.

Bagi Monica Ivena, sang desainer, gunung es memiliki sisi cantik dan lembut, tetapi di sisi lain menyimpan kekuatan kukuh dan dahsyat. "Aku pengin baju-bajunya memperlihatkan sisi strong dari wanita," ujar perempuan yang akrab disapa Ivena ini dalam konferensi pers sebelum peragaan.

Untuk menghasilkan dua sisi karakter itu, Ivena menggunakan teknologi komputer guna mengolah bahan. Contohnya dalam perancangan motif bordir pada bahan-bahan jaring halus. Desainer yang lulus dari Raffles Design Institute, Singapura, pada 2010 ini juga berupaya menjaga presisi dalam menempatkan berbagai embellishment. Meski ditampilkan dalam pameran pernikahan, koleksi Ivena memang tidak melulu gaun pengantin. Selain padanan atasan dan celana tadi, ada pula gaun koktail maupun gaun malam yang ekstravagan dan tetap seksi. Untuk gaun pengantin, Ivena menampilkan beragam siluet, mulai gaun rumbai (tassel bersiluet lurus (column), gaun princess, sampai ballgown.

Kolaborasi dengan ayah

Di akhir peragaan, Ivena menampilkan set gaun hasil kolaborasinya dengan sang ayah. Set gaun itu terdiri dari gaun malam dengan bahan menerawang yang detail bordir berbentuk seperti kumpulan duri es yang runcing dan menjulang.

Gaun yang juga bertabur mutiara itu dilengkapi dengan jubah panjang yang seluruh permukaannya bersemat lempengan-lempengan aluminium yang dibentuk meruncing. Maka jadilah gaun itu mengingatkan pada jubah Princess Elsa dari film Frozen ataupun gaun Ratu Revanna di film the Huntsman. Ivena mengatakan gaun itu membutuhkan waktu pengerjaan hingga sebulan.

Desainer yang karya-karyanya telah dikenakan para selebritas, termasuk Luna Maya, Rossa, dan Chelsea Islan ini mengungkapkan juga telah bergabung ke agensi relasi publik, the Clique, yang berbasis di Hong Kong.

Di agensi itu juga telah lama bergabung desainer aksesori ternama Tanah Air, Rinaldy A Yunardi. Karya-karya Rinaldy pun telah dipakai selebritas dunia seperti Katty Perry dan Nicky Minaj. Dalam peragaan Ivena ini, aksesori indah dari Rinaldy juga turut mempercantik koleksi. (M-1)

Komentar